Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK)
Vol 2 No 1 (2019): Vol.2 No.1 (2019)

Meningkatkan Prestasi Belajar Tema ”Kegemaranku” Dengan Bermain Peran Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Marematika Siswa Kelas I SDN Banjarejo Kota Madiun

Purwatiningsih Purwatiningsih (Sekolah Dasar Negeri Banjarejo Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui kemampuan belajar siswa, khususnya menyelesaikan soal cerita untuk mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran / Role Playing. 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas I SDN. Banjarejo Kecamatan Taman Kota madiun dengan Model Bermain Peran / Role Playing Sasaran perbaikan pembelajaran ini adalah siswa kelas I C SDN. Banjarejo Kecamatan Taman Kota Madiun, yang jumlah siswanya 28 anak. Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini mengikuti alur Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), dengan tema materi Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Data diperoleh melalui observasi selama proses KBM dan tes untuk mengukur prestasi belajar siswa, yang meliputi, post-test pada setiap akhir KBM dan pemberian tugas pada tiap akhir sub pokok bahasan, test formatif yang diberikan setelah akhir proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran , serta pengamatan aktivitas siswa dan guru oleh teman sejawat. Berdasarkan data hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama siklus I sampai siklus II ada peningkatan , terutama untuk aktivitas siswa baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kenaikan aktivitas siswa memberikan pengaruh terhadap ketuntasan indikator pada setiap siklusnya , ketuntasan indikator ini juga mempengaruhi skor tes formatif. Jadi kesimpulannya dengan bermain peran dalam pembelajaran matematika dapat membantu meningkatkan prestasi belajar dan memperbaiki ketrampilan belajar siswa serta dapat membantu memperbaiki cara mengajar guru selama KBM

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JUREVDIK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 9 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah. Jurnal ini terbit setiap 4 (empat) bulan ...