Jurnal Al-Amwal
Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Al Amwal (Hukum Ekonomi Syariah)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENERIMA PATEN PADA PERJANJIAN LISENSI PATEN DALAM RANGKA ALIH TEKNOLOGI DI INDONESIA: (Perjanjian Lisensi Paten antara Blackberry Limited dengan PT XL Axiata Tbk)

Jannah, Mifta Hatul (Unknown)
Sudjana, Sudjana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Klausula Perjanjian lisensi paten ditentukan secara sepihak oleh pemberi teknologi sehingga berpotensi merugikan penerima teknologi, karena itu permasalahannya adalah apakah perjanjian tersebut sesuai dengan Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten dan asas hukum perjanjian sehingga dapat mendukung alih teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan: yuridis normatif, spesifikasi penelitian: desktiptif analisis, teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, dan analisis data: normatif kualitatif. Hasil kajian menunjukan bahwa Perjanjian lisensi paten dalam rangka alih teknologi antara Blackberry Ltd (pemberi lisensi) dengan PT XL Axiata Tbk (penerima lisensi) telah sesuai dengan ketentuan Pasal 78 Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten dan asas kebebasan berkontrak meskipun klausulanya ditentukan secara sepihak oleh pemberi lisensi. Selanjutnya, Perjanjian lisensi paten dapat mendukung alih teknologi di Indonesia berdasarkan pasal 74 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten, tetapi masih ada kendala yuridis karena UU Paten tidak menyatakan bagaimana teknologi tersebut dialihkan, sehingga belum ada kejelasan tentang alih teknologi melalui cara perjanjian lisensi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Alamwal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Al Amwal adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan secara cetak dan online (P-ISSN 2622-3864; E-ISSN 2655-2426). Jurnal Al Amwal bersifat "open acces journal" yang di kelola oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAI Bhakti Persada Bandung. Adapun peran Jurnal Al Amwal adalah sebagai ...