Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 1 (2018): Vol.3 No.1 (2018)

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Metamorfosis dan Metagenesis Menggunakan Kolaborasi Model Picture and Picture dan Media Lagu pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 11 Madiun Tahun Pelajaran 2016-2017

Tri Suharti, S.Pd (SMP Negeri 11 Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Metamorfosis dan Metagenesis di kelas VIIIG. Hasil observasi awal diperoleh data bahwa siswa yang mendapat nilai IPA di atas KKM terdapat 16 siswa ( 51,61 % ) dengan nilai rata-rata kelas 67,58. Berdasarkan kesepakatan MGMPS guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri 11 Madiun ditentukan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) untuk mata pelajaran IPA adalah 75.Untuk itu perlu adanya model yang lebih menarik bagi siswa, sehingga siswa tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran IPA yaitu dengan metode kolaborasi model Picture and Picture dan media lagu pada materi Metamorfosis dan Metagenesis. Model pembelajaran ini lebih menarik perhatian siswa karena melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Dengan diterapkannya metode tersebut, berakibat pada meningkatnya jumlah siswa yang senang dengan model dan media yang digunakan guru, sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPA. Peningkatan minat belajar siswa ini menyebabkan peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu 22 siswa (70,97%) pada siklus I tuntas dengan rata-rata kelas 76,29 dan 29 siswa (93,55%) dengan rata – rata kelas 86,45 pada siklus 2

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...