Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 1 (2018): Vol.3 No.1 (2018)

Peningkatan Perolehan Hasil Belajar Tentang Sistem Etika dan Nilai Pada Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling Melalui Metode Cycle Learning Siswa Kelas X Ilmu Alam 2 SMA Negeri 1 Maospati

Djumangin , (SMA Negeri 1 Maospati Kabupaten Magetan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah meningkatkan perolehan belajar mata pelajaran Bimbingan dan Konseling siswa Kelas X Ilmu Alam 2 SMA Negeri 1 Maospati Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 Berdasarkan kenyataan di lapangan membuktikan bahwa 69,44% dari siswa Kelas X Ilmu Alam 2 SMA Negeri 1 Maospati pada mata pelajaran Bimbingan dan Konseling memiliki hasil belajar dalam kategori rendah. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti melakukan suatu kegiatan penelitian tindakan (action research) dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran konstruktivisme. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Tiap pertemuan memiliki alokasi 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) dan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Cycle Learning cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X Ilmu Alam 2 SMA Negeri 1 Maospati. Hal ini dibuktikan dengan adanya data yang menunjukkan peningkatan nilai rerata (mean score) yang diikuti ketuntasan belajar siswa meningkat dalam setiap siklusnya, yakni pada siklus I mencapai 74,72 ketuntasan belajar 80,55%, siklus II mencapai 79,30 ketuntasan belajar 86,11%, dan siklus III meningkat menjadi 85,13 dan ketuntasan belajar 100%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...