Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 1 (2018): Vol.3 No.1 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Berpidato Melalui Program Remidial Intensif Kelas IXG SMP Negeri 14 Madiun

Lilis Suryani, S.Pd. (SMP Negeri 14 Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendiskripsikan tentang : (1) Peningkatan motivasi siswa dalam belajar berpidato melalui program remidial intensif siswa kelas IXG SMP Negeri 14 Madiun, (2) Peningkatan motivasi guru dalam membimbing siswa, (3) Peningkatan hasil belajar berpidato melalui program remidial intensif siswa kelas IXG SMP Negeri 14 Madiun .Penelitian ini menggunakan suk jenis penelitian partisipan yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan melibatkan langsung peneliti mulai awal perencanaan sampai dengan hasil penelitian yang berupa laporan. Sejak perencanaan penelitian peneliti selalu terlibat, selanjutnya peneliti memantau, mencatat, dan mengumpulkan data, lalu menganalisis data serta berakhir dengan melaporkan hasil penelitiannya. Penelitian ini lebih menekankan pada masalah proses, maka bentuk penelitian termasuk penelitian kualitatif deskriptif, karena data yang dikumpulkan berbentuk gambaran yang ada di lapangan. Setelah melalui pengamatan maka didapatkan hasilnya yaitu pada hasil aktivitas siswa sebagai tolok ukur motivasi siswa pada pembelajaran ini ialah siklus I : 72% dan siklus II 77%. siklus III yaitu 88% sedangkan untuk aktivitas guru sebagai tolok ukur motivasi guru dalam pembelajaran ini ialah 93% pada siklusI91%: pada siklus II, dan 95% pada siklus III. Hasil belajar yang diperoleh yaitu : 76% pada siklus I, 80% pada siklus II, 84% pada siklus III . Berdasarkan data yang diuraikan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pidato melalui program remedial sangat diperlukan karena terbukti program remedial dapat membantu siswa dan guru meningkatkan motivasidan hasil belajar .

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...