Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 1 (2018): Vol.3 No.1 (2018)

Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Tentang Luas Bangun Datar Melalui Metode Diskusi Siswa Kelas III SD Negeri Warurejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun




Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mempunyai latar belakang keinginan meningkatan prestasi belajar siswa dimana hasil belajar siswa kelas III pada saat itu belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang diinginkan dan juga bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika tentang Luas Persegi panjang melalui metode Diskusi Kelompok siswa Kelas III SD Negeri Warurejo, Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 20 orang, kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes sebelum siklus I, akhir siklus I dan akhir siklus II, data hasil observasi pada setiap pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah menerapkan metode diskusi kelompok pencapaian konsep yaitu: Sebelum siklus I (tes awal) rata-rata nilai kelas adalah 63,57, daya serap 63%, pada siklus I rata-rata kelas 71,43 dengan daya serap sebesar 71% , Pada siklus II, rata-rata kelas 81,57 dengan daya serap 82%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok menentukan luas bangun datar persegi panjang dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode Diskusi Kelompok dalam pembelajaran matematika untuk kelas III pokok bahasan menentukan luas persegi panjang dapat meningkatkan secara signifikan, untuk kelanjutannya guru perlu mengembangkan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...