Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 3 No 2 (2018): Vol 3 No 2 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial Tentang Perang Dunia II Dengan Penerapan Model Think-Pair-Share Siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Muryani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui metode Think-Pair-Share Siswa Kelas IX B SMP Negeri 3 Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan kemampuan mendiskripsikan Perang Dunia II ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 74,28; siklus II 78, 57, dan siklus III 82,38. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I hanya 66,67%, siklus II meningkat menjadi 85,71%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 95,24%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...