Peningkatan persaingan penguasaan pasar mengharuskan pelaku bisnis mencari dan menerapkan strategi pemasaran dan strategi penjualan yang baru, inovatif serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Saat ini, mayoritas UKM pengrajin songket Kota Palembang masih menerapkan strategi penjualan secara tradisional yang menyebabkan jumlah transaksi penjualan yang belum optimal dengan area pemasaran yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan strategi penjualan dengan menerapkan teknik cross selling dan up selling serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan tiga tahapan utama, yaitu : 1. Persiapan dan Identifikasi, 2. Analisis dan Perancangan dan 3. Perancangan Prototipe, serta menggunakan alat bantu perancangan seperti : Data Flow Diagram dan skema data base. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi penjualan on line yang dapat menawarkan produk secara cross selling dan up selling sehingga diyakinkan dapat meningkatkan jumlah transaksi penjualan pengrajin songket Kota Palembang
Copyrights © 2019