Informatika Mulawarman
Vol 14, No 1 (2019): Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Implementasi Metode Simple Additive Weighting Pada Penentuan Peringkat Kerentanan Website (Studi Kasus Website Universitas Negeri Aceh)

Mukhroji Mukroji (Universitas Syiah Kuala)
Rizal Munadi (Universitas Syiah Kuala)
Syahrial Syahrial (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Dewasa ini, penggunaan website sebagai media informasi merupakan suatu hal lazim yang dilakukan oleh berbagai institusi atau organisasi. Informasi yang disajikan sangat bervariatif, dari hanya informasi sederhana hingga informasi yang sensitif yang memerlukan penanganan keamanan yang baik. Terjadinya tindakan penyusupan atau penyalahgunaan terhadap suatu website dapat dilakukan oleh pihak tertentu dengan berbagai motif jika tindakan pengamanan tidak diimplementasikan. Akibatnya, kerentanan website dapat mengganggu informasi yang diakses oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini kerentanan website menjadi fokus yang dikaji dan pengujian kerentanan dilakukan dengan software Open Web Application Security Project (OWASP). Kemudian, hasil dari pengujian dengan OWASP akan diimplementasikan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penerapan metode SAW ini akan menghasilkan pengurutan nilai kerentanan dari setiap website yang diuji dan dapat menjadi gambaran kualitas keamanan website Universitas Negeri di Provinsi Aceh. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh tingkat kerentanan tertinggi terjadi pada universitas yang tidak menggunakan CMS sebagai aplikasi pada website yang dibangun.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal Informatics Mulawarman Is a means for researchers in the field of computer science to publish his research works. First published in 2007 with a two-yearly published period in February and September. Editorial Board Informatika Mulawarman consists of lecturers of computer science in the ...