Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Hindu Sekolah Dasar Negeri 2 Suranadi Tahun Pelajaran 2017/2018?. Adapun prosedur yang dimaksud adalah tindakan yang berupa peningkatan kemampuan menulis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa Kelas IV dan V SDN 2 Suranadi tahun pelajaran 2017/2018. Dalam peningkatan kemampuan teka-teki silang tersebut digunakan tindakan berulang atau siklus. Setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu: a) perencanaan, yaitu merumuskan masalah, menentukan tujuan dan metode penelitian serta membuat rencana tindakan; b) pelaksanaan tindakan, yaitu tindakan sebagai upaya untuk melakukan perubahan; c) observasi dan evaluasi, dilakukan secara sistematis untuk mengamati hasil atau pengaruh tindakan terhadap proses dan hasil belajar; dan d) refleksi, yaitu mengkaji dan mempertimbangkan hasil atau pengaruh tindakan yang dilakukan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri sebagai salah satu metode pembelajaran Agama Hindu dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas IV, V SDN 2 Suranadi Kecamatan Narmada tahun Pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan kemampuan siswa pada siklus I dan siklus II, yaitu: Untuk ketuntasan klasikal pada siklus I dan II adalah pada siklus I sebanyak 74,07% dengan rata-rata kelas 72,48. sedangkan pada siklus II sebanyak 96.30 % siswa mendapat nilai di atas 60 dengan rata-rata 80,18. Hasil ini menunjukan bahwa hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan penelitian dinyatakan tuntas
Copyrights © 2019