Penelitian ini dilakukan pada PT. Prioritas Cabang Rengat Jl.Sultan Kecamatan
Rengat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat. Perumusan masalah yang akan
diteliti adalah apakah ada pengaruh secara simultan ataupun parsial antara kualitas pelayanan
dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan
tentang kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT.Prioritas Rengat.
Dengan menghitung Persamaan regresi berganda, koefisien korelasi, uji hipotesis baik secara
simultan, maupun parsial, dengan bantuan Program SPSS 21.
Dari hasil penelitian dimana konstanta (a) adalah 1,89. dan koefisien X1 (b1) adalah
0,395 dan koefisien X2 (b2) adalah 0,176. Persamaan regresi berganda adalah Y = 1,89
+0,395 X1 +0,176 X2. Artinya: a= jika kualitas pelayanan dan promosi sama dengan Nol (0)
maka besarnya nilai volume penjualan sama dengan 1,89. b1= jika terjadi peningkatan 1
satuan pada kualitas pelayanan maka akan terjadi peningkatan pada volume penjualan sebesar
0,395. dan b2 = jika terjadi peningkatan 1 satuan pada promosi maka akan terjadi
peningkatan pada volume penjualan sebesar 0,176. Koefisien Korelasi diketahui bahwa (X1)
kualitas pelayanan dan (X2) promosi mempunyai hubungan positif dengan (Y) volume
penjualan. Hal ini dapat dilihat dari nilai keofisien korelasi berganda R adalah 0,420. dan
selanjutnya diuji dengan Keofisien determinasi berganda (R2) adalah 0,176. hal ini
menunjukkan bahwa (X1) kualitas pelayanan dan (X2) promosi sudah bersama – sama adanya
hubungan variasi terhadap (Y) volume penjualan sebesar 17,6 %. Dan sisanya 82,4 % di
pengaruhi oleh variabel selain (X1) dan (X2).Uji hipotesis pada taraf signifikan = 5 %
dimana F hitung (5,233) > F tabel (3,18) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan nilai
signifikan terlihat pada kolom sig yaitu 0,009 berarti probabilitas 0,009 lebih kecil dari pada
0,05.artinya memiliki pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi
terhadap volume penjualan
Copyrights © 2018