Ethos
Vol 4 No.2 (Juni, 2016) Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian (Sains & Teknologi)

PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SMAN 10 BANDUNG

Hana Silvana (Unknown)
Adhitya Wibisono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul "Penerapan Model Brain Based LearningĀ  DalamĀ  Pembelajaran di SMANegeri 10 Bandung." dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di lapangan mengenai kesenjangan hasil belajar siswa SMA yang memperlihatkan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Model brain based learning merupakan suatu model khusus untuk menilai potensi yang sesungguhnya dari otak dalam proses pembelajaran sehingga berdampak adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran geografi antara siswa yang diberi model brain based learning dengan siswa yang diberi model konvensional yang dilihat dari ranah kognitif,afektif dan psikomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe Non-Equivalen Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Bandung yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes prestasi belajar dengan soal pilihan ganda dan format observasi. Metode penelitian ini dengan cara membagi siswa kedalam kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan/treatment setiap kelas terlebih dahulu diberikan pretes lalu pemberian perlakuan/treatment dan pada tahap akhir diberikan postes untuk mengetahui perbedaan masing-masing kelas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang diberi model brain based learning dengan siswa yang diberi model konvensional pada mata pelajaran geografi kelas XI. Dari analisis data yaitu rekapitulasi peningkatan skor hasil belajar kognitif dengan gain ternormalisasi <g> sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Untuk hasil belajar ranah afektif siswa didapatkan dengan rata-rata nilai pada kategori rendah dan hasil belajar ranah psikomotor dengan rata-rata nilai pada kategori sedang.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ethos

Publisher

Subject

Education

Description

Academic journals that adhere to the highest standards of peer review. The journal is centered in the research and dedication in the science and technology field. The character of the journal are open and contribute to the results of research and dedication and represent of guiding belief in ...