Banyak dari kalangan pendidikan yang tidak paham akan istilah hidden curriculum. Ditambah lagi keprihatinan akan permasalahan yang menyangkut peserta didik seperti perilaku menyimpang yang sering diistilahkan dengan kenakalan remaja. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mencegah kenakalan remaja salah satunya dengan pendidikan karakter. Melalui pendidikan karakter sebagai usaha mengubah paradigma peserta didik dalam menanggulangi kenakalan remaja. Artikel ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam peran hidden curriculum dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah. Metodologi dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil analisa temuan peneliti menunjukkan bahwa aspek dalam hidden curriculum dapat tertuang melalui kegiatan peribadahan (solat duha, Tadarrus Al-qur’an, solat berjamaah, shalat jum’at), tabungan amal saleh, reading habbit, ekstrakulikuler pada bidang seni, kegiatan ekstrakulikuler pada bidang olahraga, fasilitas sekolah dan kegiatan rutin yang dapat membentuk karakter. Madrasah mendesain program hidden curriculum untuk pembentukan karakter peserta didik. Praktik hidden curriculum di Madrasah berhasil membentuk 7 karakter peserta didik yaitu kejujuran, tanggung jawab, toleransi, disiplin diri, religius, mandiri dan peduli sesama.
Copyrights © 2019