Shaut Al-'Arabiyah
Vol 6 No 2 (2018): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Negeri 20 Gowa

Muh Qadari Indrayanto (UIN ALAUDDIN MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self regulated learning  dan hasil belajar bahasa Arab siswa SMA Negeri 20 Gowa serta mengetahui adanya pengaruh self regulated learning  terhadap hasil belajar bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan statistik regresi sederhana. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data kemudian menyederhanakan seluruh data yang terkumpul, menyajikannya dalam suatu susunan yang sistematis, kemudian dengan bantuan aplikasi program software SPSS ver. 21 for windows dalam mengolah data. Pendekatan yang digunakan yaitu ex post facto. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif atau dengan kata lain memberi penilaian terhadap objek yang dikaji dan analisis inferensial agar sampel penelitian sampel dapat diberlakukan terhadap anggota populasi. Hasil penelitian setelah dilakukan uji regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS ver. 21 for windows  diketahui nilai thitung sebesar 16,038 > ttabel sebesar 1, 668 sehingga variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self regulated learning   terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa SMA Negeri 20 Gowa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...