Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 2, No 1 (2014): Volume 2 Nomor 1 Juni 2014

KORELASI HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA FISIKA STAIN PALANGKA RAYA PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I TAHUN AKADEMIK 2013//2014

Santiani Santiani (IAIN Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2016

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi atau hubungan antara hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains mahasiswa setelah pembelajaraan fisika dasar 1 dengan pendekatan keterampilan proses sains. Untuk mencapai tujuan ini maka dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu : 1)Bagaimana hasil belajar kognitif mahasiswa setelah pembelajaran fisika dasar 1?, 2)Bagaimana keterampilan proses sains mahasiswa setelah pembelajaran fisika dasar 1?, dan 3) Bagaimana korelasi hasil belajar kognitif dengan keterampilan proses sains mahasiswa setelah pembelajaran fisika dasar 1?. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa : 1) Hasil belajar kognitif dari hasil tes dengan tingkat kelulusan mahasiswa 83,3%. 2) Keterampilan proses sains terintegrasi mahasiswa berkategori sangat baik. 3) Hasil belajar kognitif dan ketermpilan proses sains mahasiswa fisika STAIN Palangka Raya signifikan berkorelasi namun korelasi rendah dengan kontribusi hasil belajar kognitif terhadap keterampilan proses sains 0,1 %.Kata kunci: Korelasi, hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains, fisika dasar1

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...