Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN

Juantika, Dewi (Unknown)
M.Si, Purwanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton. Jenis penelitian adaalah quasi eksperimen.. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X Mia1 dan kelas XMia3, dimana kelas X Mia1 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas X Mia3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes  essai dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar dan aktivitas siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 36,52  dan 34,19. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh kemampuan awal siswa  kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan dengan pembelajaran konvensional diperoleh data rata-rata postes adalah 76,52 dan 62,06. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen serta ada pengaruh signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 70,47 dengan kategori aktif. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...