AbstrakTujuan penelitian yang dilakukan ialah memberikan gambaran umum tentang pengetahuan baru pembelajaran PAUD terhadap anak yang menderita autis. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan dan ilmu psikologi pendidikan khususnya anak autis. Hasil penelitian yang dihasilkan akan memberikan hasil umum yang dapat diterima oleh pembaca serta di dalam ranah pendidikan baik dosen dan mahasiswa;juga bertujuan untuk menyeimbangkan antara teori dengan fakta yang terjadi di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Observasi atau pengamatan yang peneliti lakukan adalah mengamati kondisi di lapangan secara langsung kemudian peneliti mulai mengembangkan sesuai dengan fokus dan subfokus penelitian.Penelitian yang dilakukan mengenai pembelajaran PAUD pada anak autis yang menekankan pada dua pendekatan berdasarkan pada teori Santrock, yakni pendekatan kognitif sosial dan behaviorisme. Berdasarkan hasil di lapangan bahwa terdapat dua anak yang menderita autis, yaitu R dan H. Pada pembelajaran PAUD pada anak autis yang terjadi di lapangan bahwa mereka memiliki hasil berbeda-beda dalam bentuk interaksi, perilaku, dan emosi dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2017