Jurnal CARE
Vol 5, No 1 (2017)

Meningkatkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Melipat Menggunakan Metode Demonstrasi Di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun

Lusy Mariyani (Tk Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2017

Abstract

Abstrak  Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Madiun, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi dalam kegiatan melipat.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif, di mana data disajikan sesuai dengan fakta yang terjadi untuk mengetahui aktivitas dan respon siswa selama proses pembelajaran. Kemudian, data diperoleh dengan teknik observasi dan dokumentasi. Data hasil observasi siswa berkaitan dengan usaha, ekspresi dan kemampuan siswa. Sedangkan kriteria pengamatan guru meliputi kecermatan, kerapian dan ketepatan anak dalam melakukan kegiatan melipat yang kemudian dianalisis dengan memberikan skor yang telah ditentukan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Madiun kelompok A dengan jumlah peserta didik 11 anak semester I tahun pelajaran 2014/2015. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kecermatan peserta didik yang pada siklus I hanya 2,5 meningkat menjadi 3,1 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata kerapian peserta didik sebesar 2,4 pada siklus I mengalami kemajuan sebesar 3,2 pada siklus II. Untuk nilai rata-rata ketepatan peserta didik pada siklus I adalah 2,8 meningkat menjadi 3,4 pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan melipat. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...