Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Bioterdidik

Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Puput Agustin Pertiwi (Lampung University)
Neni Hasnunidah (Unknown)
Dewi Lengkana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2019

Abstract

This study aimed to find out the effect of Argument-Driven Inquiry (ADI) learning model, student's academic ability, and the interaction between learning models and academic ability on the students’ critical thinking skills. The population was students of class MTs Bandar Lampung City. The Samples were students of class VIII D and VIII E which were selected from the population by random cluster sampling technique. The study was quasi-experimental with Pretest Post-test Non Equivalent Control Group Design. The data were statistically analyzed using Ancova test and LSD. The results showed that the learning ADI model, and academic ability significantly influenced critical thinking skills with significant value of each were 0,000 and 0,001. While interaction between the ADI model and academic ability does not have significant effect an critical thinking skills with a significance value of 0,251.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), kemampuan akademik peserta didik, dan interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Post-test Non Equivalent Control Group Design. Data dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI dan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000 dan  0,001. Sedangkan interaksi antara model ADI dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi 0,251. Kata kunci: argument-driven inquiry, kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...