Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat memepengaruhi Minat (Intention to Use) dalam menggunakan Aplikasi PayTen sebagai alat pembayaran elektronik. Penelitian ini menggunakan integrasi teori yaitu Theory Acceptance Model (TAM), Theory Planed Behavior (TPB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat seorang konsumen dalam menggunakan aplikasi PayTren sebagai alat transaksi ataupun pembayaran elektronik dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Theory Planed Behavior (TPB).Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dan eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online menggunakan google form dan disebar ke komunitas/pengguna Paytren. Dalam pengujian Hipotesis ini menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) untuk membuktikan dan mengevaluasi pengaruh hipotesis penelitian. Sebanyak 199 sampel diambil dan dianalisis dengan menggunakan Software Smart PLS versi 3.2.7.Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa minat dalam menggunakan aplikasi Paytren sebagai alat transaksi pembayaran dipengaruhi oleh Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness) dan Sikap (Attitude). Persepsi Kemudahan Penggunaan (PEOU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Persepsi Manfaat (PU) dengan besar kontribusi sebesar 64,4%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi persepsi masyarakat terhadap kemudahan aplikasi paytren maka semakin tinggi persepsi masyarakat terhadap kegunaan paytren Pengaruh SN(subjective Norm) terhadap persepsi manfaat (PU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel PU dengan besar pengaruh 9,7%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi norma subjektif terhadap aplikasi paytren maka semakin tinggi persepsi masyarakat terhadap kegunaan paytren, bisa dikatakan Norma subjective baik interpersonal maupun pengaruh lingkungan, ataupun opini-opini dari tokoh tertentu akan dapat membentuk persepsi manfaat dari sebuahproduk.Persepsi Kemudahaan Penggunaan (PEOU) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel sikap konsumen dalam menggunakan Paytren (Attitude).Sama halnya dengan Persepsi Manfaat (PU) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap (Attitude) dengan besar kontribusi sebesar 35,1%.
Copyrights © 2018