Penelitian dilaksanakankarena merupakan salah satu dari tiga kewajiban Dosen di Lingkungan AKPAR Bina Sarana Informatika Bandung yang tercantum dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yaitu merupakan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan kualitas SDM dan Pemasaran dalam rangka Meningkatkan kepuasan Kunjungan Wisatawan Ke Villa Kancil Majalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawawancara dan kelompok. Wawancara mendalam bertujuan untuk mendapat data primer mengenai pelatihan staff dan marketing di villa kancil Majalaya. Hasil dari penelitian ini di dapatkan bahwa dari factor SDM harus lebih ditingkatkan lagi dalam pelatihan staff agar dapat meningkatkan mutu pelayanan, selain itu factor marketing juga harus bisa lebih di kembangkan melalui pemasaran baik secara langsung ataupun tidak langsung dari kedua factor ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman positif atau kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Villa Kancil Majalaya
Copyrights © 2019