Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
Vol 2, No 2 (2018): November 2018

EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PETANI TERHADAP BUDIDAYA EDAMAME DI KELOMPOK TANI “SEDERHANA”, KELURAHAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG

Muhammad Asadullah (Universitas Diponegoro)
Sriroso Satmoko (Universitas Diponegoro)
Dyah Mardiningsih (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media video sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan petani sayuran tentang budidaya edamame. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 November - 20 desember. Dua puluh petani anggota kelompok tani Sederhana dipilih sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan model one group pretest-postest experimental research, yaitu dengan membandingkan mengetahuan petani tentang budidaya Edamame sebelum dan sesudah penayangan video dengan metode uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video efektif secara signifikan meningkatkan tingkat pengetahuan petani tentang budidaya edamame dengan niilai signifikansi uji Paired Sample t-Test sebesar 0,000. Berdasarkan rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah penayangan video didapat peningkatan nilai tes sebesar 54,95%. Kata kunci: Edamame; Efektivitas Media; Kelompok Tani; Video

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

agrisocionomics

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agrisocionomics (Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian) memuat naskah hasil penelitian bidang sosial, ekonomi dan kebijakan pertanian. Agrisocionomics diterbitkan oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Agrisocionomics terbit dua kali setahun, ...