Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 9 No 1 (2019): Januari 2019

Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Prodensia Tuku (Universitas Kanjuruhan Malang)
Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien (Universitas Negeri Makassar)
Iskandar Ladamay (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatasi kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model Scramble. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen, sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu sampel kelas eksperimen dan sampel kelas kontrol, pemilihan kedua sampel tersebut untuk melihat perbandingan peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn yang di peroleh dari kedua kelas sampel tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara dan pembagian angket. Dari hasil penelitian yang diuji dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22,0 versi windows dan rumus kriteria pengingkatan motivasi belajar menunjukan hasil sebagai berikut, pada kelas eksperimen dengan jumlah responden 32 orang mendapatkan prosentasi peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn adalah 93,5% yang diperoleh dari hasil tes setelah mendapat perlakuan model scramble. Sedangkan prosentasi yang diperoleh pada kelas kontrol setelah belajar dengan menggunakan model konvensional dengan jumlah responden 32 orang memperoleh prosentasi 65,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model scramble pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...