Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2 No 1 (2010): ULTIMACOMM

How Organizational and Non-Organizational Factors of Media Shape the Nature of News

Ambang Priyonggo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2010

Abstract

Makalah ini mencoba memaparkan faktor-faktor yang memengaruhi organisasi media dalam proses produksi berita. Bahasan diawali dengan elaborasi kritis tentang bagaimana sisi-sisi organisasional di lingkungan media dengan segala aspek prosedur rutin, aturan dan struktur hirarki menjadi faktor penting untuk menentukan produk akhir yang disebut berita. Pembahasan tajam lalu beralih ke news sources (nara sumber) yang begitu kuatnya menjadi determinan atas proses pembuatan berita. Dari sisi logika ekonomi, dipaparkan pula betapa faktor audiens dan pengiklan menjadi aktor-aktor penting yang tak patut dikesampingkan. KATA KUNCI: News, news sources, journalistic process, media organization

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

FIKOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi diterbitkan dua kali setahun sebagai media informasi karya ilmiah untuk bidang kajian Ilmu Komunikasi dan jurnalistik di ...