Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 9 No 2 (2017): ULTIMACOMM

Menjangkau Pembaca Digital

Ninok Leksono (Unknown)
Maria Advenita Gita Elmada (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2018

Abstract

Industri media cetak mengalami banyak perubahan, kalau tidak mau dibilang penurunan, terutama karena hadirnya internet. Media cetak dituntut untuk melakukan inovasi dan pembaruan guna menjamin keberlanjutan industrinya. Hal ini juga dilakukan oleh Harian Kompas dengan melakukan digitalisasi korannya melalui Kompas.id. Tulisan ini mencoba menggambarkan bagaimana Harian Kompas menjawab tantangan era digital melalui Kompas.id, serta transisi digital pada Harian Kompas, melalui sebuah studi kasus. Hasilnya, Kompas.id menjawab beberapa permasalahan era digital, seperti misalnya keterjangkauan. Kualitas informasi yang menjadi ciri khas Harian Kompas pun masih dirasa menjadi kekuatan yang juga akan diterapkan dalam bentuk digitalnya. Meski begitu, Harian Kompas masih perlu memutakhirkan model bisnisnya, serta melakukan pembaruan lainnya agar mampu bertahan di era digital seperti sekarang ini. Kata kunci: koran, digital, digitalisasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FIKOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi diterbitkan dua kali setahun sebagai media informasi karya ilmiah untuk bidang kajian Ilmu Komunikasi dan jurnalistik di ...