TujuanĀ penelitianĀ adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan perencanaan pulang terhadap kepuasan pasien di ruang Flamboyan dan Seroja RSUD Undata Palu. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan pra eksperimental. Jumlah sampel 10 orang masing-masing 5 pasien di ruang Falmboyan sebagai kelompok intervensi dan 5 pasien di ruang Seroja sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien pada kelompok intervensi mengatakan puas sebanyak 5 orang responden (100%), sedangkan pada kelompok kontrol responden mengatakan cukup puas 4 orang (80%) dan yang mengatakan puas 1 orang (20%). Pada uji t tes untuk dua sampel kecil tidak saling berhubungan diperoleh nilai to=7,264 dibandingkan dengan nilai ttabelĀ pada taraf signifikans 5%, nilai ttabel= 2,11. Nilai tolebih besar dari pada nilai ttabel , maka terdapat perbedaan kepuasan pasien yang dilakukan perencanaan pulang antara kelompok intervensi dengan kontrol. Disarankan bagi pihak RSUD Undata Palu agar pelaksanaan perencanaan pulang dapat diterapkan pada setiap ruang perawatan untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan yang diberikan.
Copyrights © 2016