Majalah Ilmiah Ekonomi Komputer
2005: Majalah Ilmiah Ekonomi Komputer Edisi Desember

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA DI MINIMARKET

Angela Rusdikartini Primadona (Gunadarma University)
Iman Murtono Soenhadji (Gunadarma University)



Article Info

Publish Date
20 May 2013

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari pengalaman berbelanja atas persepsi konsumenterhadap harga, kualitas, nilai toko, dan kemauan konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini menjadikanminimarket sebagai obyek penelitian dengan dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu Indomaret, Alfa, dan selainIndomaret-Alfa. Subyek dari penelitian ini adalah pengunjung dari minimarket tersebut.Pengujian dilakukan menggunakan uji validitas dan reabilitas pada tahap awalnya, untuk menguji validitasdan reliabilitas instrument penelitian. Kemudian dilakukan uji Spearman, untuk mengetahui korelasi darimasing-masing variabel, baik antar variabel independen maupun antara variabel independen dengan variabeldependen. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan uji regresi yang dilakukan untuk membuktikan hipotesisyang ada. Terakhir adalah uji T untuk menguji keidentikan atau ketidak-identikan melalui uji satu sampel dan ujisampel berpasangan.Pada uji regresi yang telah dilakukan nampak bahwa variabel harga barang berpengaruh langsung padavariabel kemauan berbelanja sebesar 35,6% lalu diikuti variabel kualitas barang sebesar 21,2% dan variabelatribut toko sebesar 18,7% sedangkan variabel pengalaman berbelanja seseorang hanya berpengaruh sebesar7,3%. Sedangkan pada uji T yang telah dilakukan menunjukkan bahwa antara pengalaman berbelanja diIndomaret dan Alfa tidak identik (P =0,007), kualitas barang di Indomaret dan Alfa juga tidak identik (P =0,002), harga barang di Indomaret dan Alfa tidak identik (P =0,003), dan nilai (atribut) toko antara di Indomaretdan Alfa juga tidak identik (P = 0,000). Sedangkan untuk kemauan berbelanja di Indomaret dengan Alfamemiliki keidentikan (P =0,026). Kemauan konsumen berbelanja di minimarket dipengaruhi secara langsungoleh harga barang dagangan dan secara tidak langsung oleh pengalaman berbelanja, kualitas barangdagangan, dan nilai (atribut) toko.Kata Kunci : pengalaman berbelanja, persepsi kualitas, persepsi nilai (atribut) toko, persepsi harga, kemauanuntuk berbelanja (referensi).

Copyrights © 2005