Jurnal Legislasi Indonesia
Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Legislasi Indonesia - Maret 2012

KESETARAAN GENDER DALAM ATURAN HUKUM DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA GENDER EQUALITY IN THE RULE OF LAW IN INDONESIAN AND IMPLEMENTATION)

Ninik Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Indonesia telah meratifikasi CEDAW melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun1984. Selama 28 tahun pemerintah tetap berkomitmen untuk menghapuskansegala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dengan berbagai upaya, antaralain mempromosikan, memenuhi dan melindungi perempuan dari segala bentukdiskriminasi dan kekerasan. Tentu berbagai tantangan dalam mempromosikankesetaraan dan keadilan gender dalam kerangka legislasi di negeri ini menjadimenarik untuk dilihat, setidaknya dari tiga aspek, yaitu aspek bagaimana hukumdibuat baik secara subtantif maupun prosesnya; bagaimana hukum ditegakkanyaitu dengan melihat dukungan pengelolaan dan sarana prasaranya sertabagaimana kondisi budaya hukumnya guna memberikan situasi yang kondusifdalam menghapuskan segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadapperempuan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jli

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Legislasi Indonesia merupakan jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian, kajian, dan pemikiran bidang peraturan perundang-undangan dan hukum. Diterbitkan setahun empat kali yaitu bulan Maret, Juni, September dan Desember oleh Direktorat Pengundangan, Penerjemahan, dan ...