Sawerigading
Vol 19, No 3 (2013): SAWERIGADING, Edisi Desember 2013

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PASANGKAYU, SULAWESI BARAT

M. Asri B (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

The study aimed at revealing the level of creativity in writing descriptive essays of grade X students at SMAN1 Pasangkayu, West Sulawesi by using modeling strategy. This study was an experiment research with pretestposttestcontrol group design. There were two groups selected by using random sampling technique, the experimentgroup and the control group. The population is eight classes; the samples of the study selected are grade X-7 asthe experiment class and grade X-5 as the control class. The result revealed that there was a significant differenceon writing test result of descriptive essays between the experiment class, which was treated in a modeling strategyand the control class, which was treated conventionally. It was proved by t-test which showed that almost all ofevaluation aspects have tcount ttable except the mechanic aspect. The aspects were the content aspect tcount(6.234 2.000), essays organization aspect tcount (8.154 2.000), the language used aspect tcount (3.310 2.000), vocabulary aspect tcount (5.293 2.000), and the mechanic aspect tcount (0,249 2.000). The resultindicates that the modeling strategy is effective to be used in improving writing descriptive essays of grade Xstudents at SMAN Pasangkayu, West Sulawesi. AbstrakPenelitian ini bertujuan mengungkap tingkat kreativitas menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri1 Pasangkayu, Sulawesi Barat dengan menggunakan strategi pemodelan. Jenis penelitian ini adalah eksperimendengan model pre-test-pos-test control group design (rancangan tes awal-tes akhir kelompok kontrol). Dalampenelitian ini, terdapat dua kelompok yang telah ditentukan secara acak, yaitu kelompok eksperimen dankelompok kontrol. Dari kedelapan kelas SMA Negeri 1 Pasangkayu, Sulawesi Barat sebagai populasi penelitian,ditentukan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagaikelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil tes menuliskarangan deskripsi antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pemodelan dan kelompokkontrol yang diberikan perlakuan secara konvensional, yaitu metode ceramah. Hal tersebut dapat dilihat dari uji-tyang menunjukkan bahwa semua aspek penilaian memiliki t-hitung nilai t-tabel, kecuali aspek mekanik (ejaandan tanda baca). Aspek isi karangan t-hitung (6,234 2,000), aspek organisasi karangan t-hitung (8,154 2,000),aspek penggunaan struktur bahasa t-hitung (3,310 2,000), aspek kosakata (pilihan kata) t-hitung (5,293 2,000),aspek mekanik (ejaan dan tanda baca) t-hitung (0,249 2,000). Dari hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa strategipemodelan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMANegeri 1 Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sawerigading

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SAWERIGADING focuses on publishing research articles and current issues related to language, literature, and the instructor. The main objective of SAWERIGADING is to provide a platform for scholars, academics, lecturers, and researchers to share contemporary thoughts in their fields. The editor has ...