CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)
Vol 6, No 3 (2014): CSRID OKtober 2014

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA KURANG MAMPU DI SMK NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA MENGGUNAKAN METODE MATCHING PROFILE

Sudarsono, Nono ( STMIK Tasikmalaya Program Studi Teknik Informatika Jl. RE Martadinata no 272 A, Indihiang, Kota Tasikmalaya. Jawa Barat)
Amien, Adziza Lihyan ( STMIK Tasikmalaya Program Studi Teknik Informatika Jl. RE Martadinata no 272 A, Indihiang, Kota Tasikmalaya. Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2015

Abstract

Abstrak SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang memberikan beasiswa kurang mampu kepada siswanya yang bersumber dari pemerintah. Akan tetapi dalam penyeleksian penerima beasiswa membutuhkan waktu yang lama karena diperlukan ketelitian, sehingga memungkinkan terjadinya human error dan data rangkap, serta masih adanya pengaruh dari faktor lain dalam penyeleksiannya. Untuk membantu penentuan penerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu proses penyeleksian sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dalam proses pembangunan sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode matching profile. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dengan menentukan nilai bobot dari setiap kriteria yang ada untuk di peroleh GAP dan dilakukan perankingan antar calon penerima beasiswa untuk menghasilkan siswa yang benar-benar layak mendapatkan beasiswa. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat mempermudah penyeleksian calon penerima beasiswa sesuai dengan kriteria yang telah di tentukan secara cepat dan mudah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

CSRID

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan CORIS (Cooperation ...