Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, E-learning, LKS, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respon guru, respon siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan media elearning ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan media elearning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.
Copyrights © 2015