FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 1, No 2 (2015): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA E_LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII

Ririn Widiyasari (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, E-learning, LKS, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respon guru, respon siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan media elearning ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan media elearning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...