FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 1, No 1 (2015): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSTRUKTIVIS BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII

Ririn Widiyasari (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKS, dan Elearning. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran kontruktivis dengan bantuan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons guru, respons siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pembelajaran kontruktivis berbantuan e-learning ini dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika kontruktivis berbantuan e-learning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...