FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 3, No 2 (2017): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAR MODELLING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA TEMA BERHEMAT ENERGI

Hastri Rosiyanti (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Nurbaiti Widyasari (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain buku ajar matematika dasar dengan menggunakan teknik bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi. Metode yang digunakan adalah RnD. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Validator yang digunakan dalam mengembangan buku ajar bar modelling adalah validasi ahli bahasa, ahli teknik dan materi, serta ahli desain. Tema berhemat energi dibagi tiga sub tema, yaitu macam – macam sumber energi, pemanfaatan energi, serta gaya dan gerak. Hasil penilaian dari validasi ahli bahasa adalah 7,7; ahli teknik dan materi 9,1; serta ahli desain 7,08. Masing – masing validator menyimpulkan bahwa buku ajar bar modelling berbasis pemecahan masalah pada tema berhemat energi dinyatakan layak uji coba dengan hasil revisi yang diberikan. Setelah divalidasi oleh beberapa uji ahli, buku ajar yang telah direvisi diberikan ke kelas kecil dan kelas besar sehingga buku ajar bar Modelling layak digunakan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...