Penelitian tindakan kelas ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar siswa SMP Kelas VIII-1 Dharma Karya UT pada mata pelajaran matematika, yaitu sebagian besar indikator motivasi belajar tidak mencapai 75%. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan lembar kerja siswa. Penggunaan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan lembar kerja siswa dilakukan pada proses pembelajaran di kelas. Desain penelitian ini mengacu pada proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas model Kemmis&Taggart. Waktu penelitian dilakukan selama 1 bulan dari observasi hingga dua siklus. Pada saat observasi, peneliti melakukan pre test dengan menyebarkan instrumen angket di hari pertama dan melakukan wawancara di hari kedua. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 37,5% dari banyaknya indikator motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dan hasil motivasi belajar 70,5%. Selama dilakukannya penggunaan metode pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan lembar kerja siswa, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 menunjukkan bahwa 62,5% dari banyaknya indikator motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dan hasil motivasi belajar 81,5%. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa 100% dari banyaknya indikator motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dan hasil motivasi belajar 90,33%.
Copyrights © 2018