Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2016): November

Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Model Pengajaran Langsung Berbasis Masalah

Pratiwi, Lanjar (Unknown)
Samsudi, Samsudi (Unknown)
Atmaja, Hamdan Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi model pengajaran langsung berbasis masalah dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dan menentukan keefektifan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan analisis siswa. Penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D digunakan untuk tujuan tersebut. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus Kartini Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata, analisis uji banding, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain. Hasil analisis menunjukkan rata-rata nilai validator untuk perangkat pembelajaran adalah 3,74.  Rata-rata persentase respon guru sebesar 93,1%, respon siswa sebesar 90% dan keterampilan mengajar guru sebesar 91,3%. Rata-rata kemampuan analisis siswa kelas eksperimen 84,53 melebihi batas KKM, sehingga tuntas secara klasikal dan individual. Uji Normalized Gain menunjukkan adanya peningkatan kemampuan analisis sebesar 71%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan model pengajaran langsung berbasis masalah telah valid, efektif, dan memiliki nilai praktis.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...