Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 4 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

The effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) with local video media toward students’ cognitive study result of social studies for fourth class at SDN Karangduak 2 Sumenep

Fajar Budiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A dan B SDN Karangduak 2 Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrumen atau perangkat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pretest dan posttest, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang telah diteliti menunjukkan bahwa pendekatan CTL melalui media video lokal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep. Hal tersebut dapat dilihat dari kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL melalui media video lokal terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Karangduak 2 Sumenep pada mata pelajaran IPS.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...