BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASE-LEARNING PADA MATERI PENJERNIHAN AIR

Rohaeni Nur Eli (SMK Negeri 2 Cimahi)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada topik penjernihan air. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen One Group Pretest-Postes Design, dengan subyek penelitian 31 orang peserta didik kelas XI di salah satu SMK Negeri di Kota Cimahi. Peserta didik dibagi ke dalam tiga kategori kelompok kemampuan, yaitu: tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda, essay, dan lembar observasi, angket pedoman wawancara. Peningkatan hasil belajar dihitung menggunakan rumus normalisasi gain dan uji hubungan rata-rata N-Gain . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik secara signifikan dengan persentase N-gain rata-rata sebesar 65.33 % untuk seluruh peserta didik. Peningkatan hasil belajar tertinggi dicapai oleh peserta didik kategori tinggi (N-gain= 68 %). Para peserta didik memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran, dan meeka merasa senang serta termotivasi dalam mengikuti pembelajaran menggunakan model yang diimplementasikan. Kata Kunci : PBL, Kemampuan kognitif, dan penjernihan air

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Education

Description

BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari ...