Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN EKSPONEN DAN LOGARITMA SISWA KELAS X BKJ1

Prihatiningtyas, Setya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan peningkatan penguasaan hasil belajar siswa kelas X BKJ1 SMK Negeri 5 Jember semester ganjil 2014/2015 pada materi pokok Exponen dan Logaritma. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan satu kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) persentase motivasi belajar siswa masuk dalam kategori tinggi sebesar 58,1% untuk siklus I, sedangkan motivasi belajar siswa untuk siklus II sebesar 80,6%; (2) persentase ketuntasan belajar siswa adalah 64,5% dan pada siklus kedua ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 83,9%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Inquiry learning adalah metode pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan penguasaan hasil belajar matematika.Kata Kunci: pembelajaran inquiry, motivasi belajar, penelitian tindakan kelas

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...