Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA MENGGUNAKAN MATH EXAMPLARS PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS VII MTS DARUSSA’ADAH JEMBER

Habibi, M. Riki (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah guru yang merasa kesulitan memberikan metode yang tepat kepada peserta didiknya dan guru yang juga merasa kesulitan dalam mengintruksi anak didiknya dikarenakan proses berpikir siswa yang masih belum dimengerti atau difahami. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Berpikir Siswa yang Berkemampuan Matematika Tinggi di Kelas VII MTs Darussa’adah Jember? (2) Bagaimana Proses Berpikir Siswa yang Berkemampuan Matematika Sedang di Kelas VII MTs Darussa’adah Jember?  (3) Bagaimana Proses Berpikir Siswa yang Berkemampuan Matematika Tinggi di Kelas VII MTs Darussa’adah Jember?Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 1 minggu 2 hari terhitung mulai tanggal 04 Mei 2016 sampai dengan 13 Mei 2016. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) Siswa yang berkemampuan tinggi berhasil memenuhi kelima standar yang ada di Exemplar Rubric dan digolongkan ke dalam rana Practitioner. Hasil (2) Siswa yang berkemampuan sedang berhasil memenuhi ketiga standar, berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan Siswa berkemampuan sedang digolongkan ke dalam rana Apprentice. Hasil (3) Siswa yang berkemapuan matematika rendah hanya mampu memenuhi 2 standar yang ada di Exemplars Rubric, berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan, siswa berkemampuan rendah digolongkan ke rana Novice.Kata Kunci : Proses Berpikir Siswa Kelas VII

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...