Seling: Journal of PGRA Study Program
Vol 4 No 1 (2018): Januari

Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri

Epritha Kurniawati (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara melalui melalui media pop up raksasa pada anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri. Aspek pengembangan bahasa anak usia dini meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Bicara adalah bentuk bahasa yang menggunakan artikulasi atau kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan maksud. Melalui berbicara maka akan terjadi komunikasi antara anak satu dengan anak lainnya. Berbicara pada anak perlu dikembangkan dan dilatih secara terus menerus agar perkembangan anak terutama dalam hal berbicara untuk komunikasi dapat berkembang dengan optimal. Penelitian ini dilakukan pada 20 anak anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri berusia 5-6 tahun, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pop up raksasa dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri Tahun Ajaran 2017-2018.

Copyrights © 2018