Seling: Journal of PGRA Study Program
Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019

Mengoptimalkan Kemampuan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains

Siti Marliā€™ah (Univesitas PGRI Ronggolawe)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan sains terhadap perkembangan kemampuan logika matematika pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di KB Islam Terpadu Al Uswah Tuban dengan subyek penelitian sebanyak 40 anak yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji ANOVA atau uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar permainan sains dapat mengoptimalkan kemampuan logika matematika anak. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan hasil kemampuan logika matematika antara kelompok eksperimen yaitu sebesar 70% dan kelompok kontrol sebesar 58,75%. Selanjutnya disarankan untuk guru dan lembaga PAUD agar menerapkan kegiatan bermain sains sebagai salah satu alternatif kegiatan untuk menstimulasi kemampuan logika matematika anak.

Copyrights © 2019