Jurnal Ilmiah Widya
Vol 4 No 3 (2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA1-3 TAHUN (TODDLER) DI SEKOLAH NISRINA JATI ASIH KOTA BEKASI TAHUN 2013

Karo, Marni Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2015

Abstract

Abstrak:       Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita.  Ibu merupakan tokoh sentral dan berperan sebagai pendidik pertama serta utama dalam keluarga.  Bahasa (language) adalah adalah satu aspek yang berhubungan dengan kemampuan dalam perkembangan anak balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan  dan Sikap Ibu Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) di Sekolah Nisrina Jati Asih Kota Bekasi Tahun 2013. Penelitian  menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara total sampling berjumlah 30 responden yang mempunyai pengetahuan tentang perkembangan bahasa anak dan sikap tentang perkembangan bahasa anak. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan Denver II, dan analisa bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh bahwa:  ibu dengan pengetahuan baik dan sikap ibu yang positif terhadap perkembangan bahasa di Sekolah Nisrina Jati Asih Kota Bekasi Tahun 2013. Kata kunci: pengetahuan,  sikap ibu, perkembangan bahasa Abstract:      An important period in the children growing is infancy.  The mother is the central figure and served as the first principal and educator in the family. Language is a is an aspect related to ability in child development aged of 1 to 3 years old. The purpose of this research is to know the relation of  mother’s knowledge and attitude towards the  langusge development of children ages Toddler (1-3 years) in school Nisrina Jati Asih of Bekasi City by 2013. The research using the method of correlation analytic with cross sectional approach and technique of sampling in total sampling of 30 respondents who have knowledge of the child's language development and attitudes about children's language development. The measuring instrument used in this study using questionnaire and Denver II, bivariat analysis and using test chi square. The result of the research result showed that: mother with the knowledge of good and positive attitude of the mothers at Nisrina  school Jati Asih Bekasi in the year 2013 against the development of the language. Key words: knowledge, mother’s attitudes,  towards,   language, development, children.

Copyrights © 2018