Jurnal Scientia Indonesia
Vol 1, No 1 (2016): April 2016

PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 32 SEMARANG

Susilowati, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2016

Abstract

Gerakan peningkatan mutu pendidikan, menuntut pendidik untuk mampu memenuhi tuntutan yang semakin meningkat, baik kualitas maupun beragam cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran belum bermakna, kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan tugas di kelompok masih rendah, juga tanggungjawab yang masih kurang. Oleh sebab itu pendidikan saat ini menuntut menggunakan metode pembelajaran yang menarik, menyenangkan, siswa termotivasi aktif, tertantang dan rileks. Maka pembelajaran yang disampaikan menjadi bermakna. Hakekat IPA terwujud, kerjasama dan tanggungjawab dalam kelompok meningkat, kualitas pembelajaran meningkat, hasil belajar tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) pembuatan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (2) mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran materi struktur tubuh tumbuhan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dua tahap yaitu : (1) Tahap pembuatan perangkat pembelajaran, meliputi :silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), chart organ tumbuhan untuk penyajian kelas, daftar pertanyaan untuk game, lembar kerja untuk persentase, power point untuk penyajian kelas, lembar praktikum, evaluasi hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru.(2) Tahap implementasi dari perangkat pembelajaran. Hasil penelitian (1) guru bersama team dan pantauan dosen berhasil membuat perangkat pembelajaran melalui serangkaian proses dan diteruskan untuk pengambilan data penelitian. (2) Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TGT berupa peningkatan hasil belajar Siklus I 77,17, Siklus II 83,23, rata-rata 79,09 tergolong baik .Untuk aktivitas siswa Siklus I 3,09, Siklus II 3,38 rata-rata 3,24 kategori baik, kinerja guru Siklus I 3,40 Siklus II 3,55, rata-rata 3,48 kategori amat baik, pembelajaran berpusat pada siswa dan terbangun suatu komunitas belajar yang kondusif sebagai upaya membangun kompetensi, sehingga permasalahan yang dihadapi dapat diminimalkan.A movement of education quality improvement, requires educators to be able to fulfill the increasing of demands, both the quality and variety of ways to achieve the goal of education. Learning has not been meaningful, cooperation among students in completing task in the group is still low, it is also the responsibility to answer are still lacking. Therefore, the current education requires teaching methods are interesting, fun, active students are motivated, challenged and relax. Then conveyed into meaningful learning. IPA essence materialized, cooperation and responsibility in a group increases, the quality of learning, learning outcomes. This study was conducted to: (1) the manufacture learning device using cooperative learning TGT (2) knowing the effect of using learning media in structure of body plant by using cooperative learning TGT to the activity and student learning outcomes. The study was conducted two phases: (1) the stage of making learning device, includes: syllabus, lesson plan (RPP), chart organs in plants for the presentation of the class, a list of questions for the game, worksheets to percentages, power point for a class presentation, sheet practicum , evaluation of learning outcomes, student activity observation sheets, observation sheets teacher's performance. (2) Phase Implementation of learning. Results of the study (1) teachers with the team and lecturer watchlist managed to make the learning device through series of processes and forwarded for collection of research data. (2) the effect of the use of cooperative learning of TGT by increasing learning outcomes 77.17 Cycle I, Cycle II 83.23, an average of 79.09 is fair. For the first cycle of student activity on average 3.48 very good category, student-centered learning and awakened a conducive learning community in an effort to build competence, so that the problems encountered can be minimized.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Scientia Indonesia mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian maupun telaah pustaka dalam lingkup pendidikan ilmu pengetahuan ...