Jurnal Pendidikan Edutama
Vol 2, No 2 (2015): July

Peningkatan Prestasi Belajar Koperasi Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Belajar Resi¬tasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.

Sulistiyono Sulistiyono (SDN Kalirejo, Ngraho, Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2015

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Koperasi pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Belajar Resitasi pada Siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok materi “Koperasi”. Subyek penelitian tindaqkan kelas ini adalah siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro semester genap tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan yakni mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2013. Alat pengumpulan data berupa lembar obsevasi untuk mengetahui aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan meningkatnya prosentase ketuntasan yakni pada refleksi awal angka ketuntasan sebesar 50% meningkat menjadi 66% pada siklus I dan meningkat menjadi 97% pada siklus II; rata-rata kelas pada refleksi awal 60,3 meningkat menjadi 69,8 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,1 pada siklus II.Key words: prestasi belajar, metode resitasi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pendidikan Edutama

Publisher

Subject

Education

Description

Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and ...