Jurnal Pendidikan Edutama
Vol 3, No 2 (2016): July

Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Untuk Menigkatkan KreativitasBelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar I IPS.

Firosalia Kristin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2016

Abstract

Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Untuk Menigkatkan KreativitasBelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar I IPS.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan Konsep Dasar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa dalam perkuliahan Konsep Dasar IPS? Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan kreativitas belajar mahasiswa pada perkuliahan Konsep dasar IPS. Ini dibuktikan dari hasil lembar observasi kreativitas mahasiswa menunjukan bahwa pada siklus I ada 12 komponen yang berada pada kategori cukup dan 6 komponen pada kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan 8 berada pada kategori baik dan 10 berada pada kategori baik sekali.  Kata Kunci : Model Pembelajaran Active Learning, Kreativitas Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pendidikan Edutama

Publisher

Subject

Education

Description

Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and ...