SOSIOLOGI NUSANTARA
Vol 2, No 1 (2016)

TANDUSNYA” BUDAYA BACA Studi Kasus Pada Mahasiswa/i Sosiologi 2012 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu

Oktoviansyah, Sugian (Unknown)
Purwaka, Purwaka (Unknown)
Widiono, Sumarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kosongnya budaya membaca di kalangan Mahasiswa Sosiologi 2012. Realitas memperlihatkan bahwa Mahasiswa Sosiologi 2012 tidak membiasakan dirinya melakukan aktivitas membaca bacaan yang mendukung studinya di Jurusan Sosiologi selama beraktivitas di kampus maupun di luar kampus. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyebab tidak terciptanya budaya membaca bacaan yang mendukung studi Mahasiswa Sosiologi 2012 di Jurusan Sosiologi. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif-Deskriptif dengan penerapan Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi aktivitas Mahasiswa/i Sosiologi 2012 dalam ruang lingkup kampus maupun di luar kampus dan wawancara mendalam terhadap 8 Informan. Analisis data dilakukan secara simultan bersamaan dengan proses pengumpulan data dengan menggunakan teknik yang lazim berlaku dalam Penelitian Kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi belajar yang terjadi di kelas Sosiologi 2012 sangat mengakar kuat metode mendengar di dalamnya, sehingga Mahasiswa/i Sosiologi 2012 menjadikan aktivitas mendengar sebagai cara belajar dibanding membaca, hal tersebut juga dipengaruhi oleh latar belakang proses belajar Mahasiswa/i Sosiologi 2012 pada tingkat pendidikan dasar dan menengah yang cenderung pada budaya mendengar. Di sisi lain budaya instan seperti copy-paste tugas kuliah telah menjadi cara berpikir dan bertindak Mahasiswa/i Sosiologi 2012 dalam belajar, walaupun sudah dipacu oleh dosen Sosiologi dengan berbagai tugas kuliahbaik bersifat individu maupun kelompok. Hal tersebut mengakibatkan Mahasiswa Sosiologi 2012 merasa tidak memiliki beban dalam belajar, sehingga lebih mengisi waktu mereka dengan aktivitas hiburan seperti membaca bacaan-bacaan hiburan dan populer. Kata Kunci: Kondisi Aktivitas Belajar di Kelas, Aktivitas Mendengar, Copy-Paste Tugas dan Bacaan Hiburan dan Populer.  

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jsn

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Bengkulu. Jurnal Sosiologii Nusantara teregistrasi dengan ISSN Print (2460-9099) dan ISSN Online (2622-9617). Jurnal ini menerima artikel ilmiah yang ...