JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEPRIBADIAN SISWA

dwiningtiyas, Hanik (Unknown)
Nuriyatin, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk mengembangkan potensi diri sendiri sehingga dapat menghadapi setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Dalam mengembangkan potensi diri diperlukan suatu kreativitas agar seseorang dapat memiliki bermacam-macam kemungkinan dalam menyelesaikan suatu persoalan yang mungkin terjadi. Proses berpikir siswa juga meliputi pengembangan kepercayaan diri dan disposisi untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi kuantitatif dalam menyelesaikan soal dan mengambil keputusan. penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk deskriptif, gambaran atau sistematis, aktual dan akurat, sifat, situasi, kondisi atau fenomena dengan menggunakan data berupa kata - kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau obyek yang diamati secara utuh. Identifikasi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal materi Relasi pada mata pelajaran ditinjau dari perbedaan kepribadian siswa. Hasil penelitian proses berpikir yang memiliki kepribadian introvers memecahkan masalah cenderung lebih suka menyelesaikan dengan menyendiri dan lebih tertutup. Proses berpikir yang memiliki kepribadian ekstrovers dalam memecahkan masalah selalu bersikap positif dan percaya diri.

Copyrights © 2017