JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

STRATEGI PEMECAHAN MASALAH ( PROBLEM SOLVING ) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX

nuriyatin, siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2019

Abstract

Penelitianini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi pemecahan masalah oleh siswa kelas IX-2 SMP PGRI 9 Sidoarjo, dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Pemilihan subjek yaitu masing-masing 2 subjek dari tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data yang diperoleh diolah secara analisis deskriptif. Menurut hasil pekerjaan siswa yang terdiri dari 6 subjek, terdapat 4 strategi yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah, yaitu menggunakan Strategi membuat tabel (S4), strategi bekerja mundur (S7), strategi mengidentifikasi informasi yang di inginkan, diberikan dan diperlukan (S8), dan strategi menulis kalimat terbuka (S9). Dapat disimpulkan bahwa tidak semua siswa dapat menggunakan strategi pemecahan masalah dengan tuntas, karena mereka masih merasa kebingungan untuk menentukan rumus pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita, hal ini terjadi karena pemahaman materi dari tiap-tiap siswa berbeda. Oleh karena itu strategi pemecahan masalah perlu lebih ditingkatkan pada diri siswa untuk menjadikan siswa lebih kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

Copyrights © 2016