Jurnal Lensa Pendas
Vol 1 No 1 (2016): September 2016

PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI DONGENG DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Dede Heryana (Unknown)
Dadang Cunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014- 2015. Hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Kutakembaran dalam keterampilan membaca pemahaman masih rendah.Salah satu cara untuk mengatasai masalah tersebut adalah menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan membaca pemahaman materi pokok memahami isi dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran dengan jumlah 23 siswa. jumlah siswa laki-laki 12 dan siswa perempuan 11. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif (eksperimen semu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman pada materi pokok memahami isi dongeng pada siswa di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015 sebelum menggunakan pendekatan keterampilan proses, kurang dengan nilai rata-rata 32,43.Kemampuan membaca pemahaman pada materi pokok memahami isi dongeng pada siswa di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015 setelah menggunakan pendekatan keterampilan proses, baik sekali dengan nilai rata-rata 85,57. Jadi, terdapat pengaruh signifikan pendekatan ketrampilan proses terhadap kemampuan membaca pemahaman materi pokok memahami isi dongeng di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...