Jurnal Lensa Pendas
Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI MEMBACA NYARING DI KELAS III SD NEGERI 3 ANCARAN

Emalia, Eeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Beberapa permasalahan yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya sarana pendukung untuk melakukan belajar membaca di rumah, tidak adanya buku paket, kurang dukungan dari orang tua, setelah mengetahui permasalahan yang ada penulis mengadakan tindakan untuk membantu siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode demonstrasi membaca nyaring di SDN 3 Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research). Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas III SDN 3 Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, yang berjumlah 31 siswa. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiaptiap siklusnya dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan pengamatan dan tindakan, siklus I yang nilai rata-rata kelas 65,15 jauh di bawah KKM, siklus II ada peningkatan di atas KKM (68) menjadi 72,25, sedangkan di siklus III menjadi 80 sesuai dengan apa yang diharapkan peneliti. Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa dalam pelajaran membaca, menarik minat, dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...